Saraswanti Group atau dikenal sebagai Kelompok Usaha Saraswanti bermula dari industri pupuk yang dirintis di Sidoarjo oleh PT Saraswanti Anugerah Makmur, pada tanggal 18 Juni 1998. Sejalan dengan semakin besarnya usaha di sektor agribisnis ini, pendirian perusahaan pupuk baru, penambahan unit produksi serta perluasan cabang pemasaran, semakin menguatkan PT Saraswanti Anugerah Makmur. Perusahaan ini ternyata menjadi awal sekaligus core business dari Kelompok Usaha Saraswanti saat ini. Kondisi ini mendorong manajemen tergerak melakukan perluasan usaha di sektor lain. Mulai dari pengembangan bisnis di sektor Testing-Inspection-Certification, Perkebunan, Properti, serta beberapa unit usaha lainnya. Pada tahun 2013 didirikanlah PT Saraswanti Utama, sebagai perusahaan holding yang menaungi seluruh anak perusahaan Kelompok Usaha Saraswanti.

Divisi Pupuk terdiri atas PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk yang memproduksi pupuk NPK Briket. PT Dupan Anugerah Lestari, PT Anugerah Pupuk Makmur dan PT Anugerah Pupuk Lestari memproduksi pupuk NPK Granul. PT Anugerah Dolomit Lestari yang memproduksi pupuk Dolomit. Serta PT Arya Supra Nugraha yang merupakan perusahaan trading membantu pemasaran produk Divisi Pupuk Kelompok Usaha Saraswanti.

Divisi Testing-Inspection-Certification adalah divisi ketiga yang terdiri atas PT Saraswanti Indo Genetech, yang bergerak di bidang laboratorium uji keamanan pangan, kosmetik, farmasi, perikanan, mainan, tekstil, otomotif, hingga kelistrikan. PT Anugrah Analisis Sempurna bergerak di bidang jasa analisis kualitas lingkungan, industrial hygiene, pupuk dan pestisida serta laboratorium kalibrasi. PT Anugerah Global Superintending begerak di bidang jasa layanan sertifikasi, inspeksi dan pendampingan usaha. PT Anugerah Rekayasa Bioteknika bergerak di bidang laboratorium, klinik, farmasi dan persediaan medis. PT Anugerah Sarana Hayati yang bergerak di bidang agrobisnis dan bio pestisida

Divisi Perkebunan terdiri atas PT Saraswanti Sawit Makmur, PT Meta Agro Lestari dan PT Saraswanti Agro Estate. Selain itu juga ada PT Sumber Sari Petung yang mengelola aneka perkebunan di Kediri, dan PT Anugerah Anggrek Nusantara yang mengelola sebuah wisata agro berbasis perkebunan anggrek yang juga berlokasi di Kediri.

Divisi Properti terdiri atas PT Saraswanti Graha Indah dengan masterpiecenya The Alana Hotel Surabaya. PT Saraswanti Indoland Development dengan proyek Mataram City dan Graha Indoland. PT Saraswanti Hasil Makmur yang mengembangkan perumahan di Yogyakarta. Serta PT Anugerah Matahari Gemilang yang mengembangkan proyek gedung perkantoran AMG Tower Surabaya.

Divisi Aneka Usaha terdiri atas PT Saraswanti Jaya Prima yang mengelola sebuah wisata agro yang berbasis perkebunan anggrek dengan nama Ladang Anggrek, PT Saraswanti Paper Indah dengan produksi Masker Halei-nya. PT Nusatrans Anugerah Makmur bergerak di bidang jasa ekspedisi muatan kapal laut.

PT Saraswanti Utama sebagai perusahaan holding yang menaungi seluruh divisi yang berada dalam Kelompok Usaha Saraswanti, berkomitmen untuk selalu mendukung tumbuh kembangnya seluruh anak perusahaannya dalam berbagai aspek, sekaligus mengembangkan peluang yang ada. Di saat yang sama, PT Saraswanti Utama selalu tanggap dalam menghadapi semua tantangan serta mengantisipasinya melalui rencana bisnis yang terpadu serta berkelanjutan.