Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar Apresiasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan Tahun 2017 di Gedung Kemenristekdikti, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017). Acara ini dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti, Patdono Suwignjo, dan para nominasi dari lembaga-lembaga litbang yang ada dibawah Kemenristekdikti dan Kementerian/Lembaga.

Kemenristekdikti dalam memperkuat keunggulan Indonesia, telah mengembangkan upaya peningkatan kualitas kelembagaan Iptek dan Dikti melalui Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI). Acara ini merupakan salah satu dari serangkaian program penguatan kelembagaan bagi instansi riset. Diharapkan kontribusi lembaga litbang unggul yang telah ditetapkan sebagai pusat unggulan Iptek dapat lebih berkontribusi untuk menggerakkan sektor industri barang dan jasa berbasis inovasi, yang pada gilirannya akan meningkatkan daya saing ekonomi bangsa.

Pada kesempatan ini PT. Anugerah Sarana Hayati ikut menerima penghargaan atas hasil kerjasamanya dengan PUI Kelapa Sawit PT. RPN. Kerjasama yang telah dilakukan adalah Pengembangan, Produksi, dan Pemasaran Feromonas (Antraktan kumbang tanduk Orycetes Rhinoceros).

 

 

PT. Anugerah Sarana Hayati merupakan salah satu perusahaan di bawah Divisi Laboratorium Saraswanti Group yang bergerak dalam bidang usaha agro kimia. Semenjak didirikan di Bogor pada tahun 2013, PT. ASH mengembangkan solusi pengendalian hama secara biologis dengan feromon serangga penyerbuk buah sawit dan aneka pupuk organik khusus untuk kelapa sawit.

Pengembangan usaha ini berdasarkan pertimbangan bahwa serangan hama kumbang di areal perkebunan kelapa sawit semakin meningkat, aktivitas serangga penyerbuk sawit semakin berkurang drastis. Selain itu, timbul keinginan membuat produk pupuk organik yang ramah lingkungan. Setelah melewati hasil test laboratori­um dan uji lapangan bersama beberapa ahli dari Pusat Penelitian Tanaman, PT. ASH mem­produksi beberapa produk yang diantaranya diberi nama dagang/merk Feromonas, Oricmas dan Kairomix.