PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk (PT SAM Tbk), didirikan di Sidoarjo pada tahun 1998, adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang pemasaran dan industri pupuk. Sejak awal pendiriannya, PT SAM Tbk didesain untuk menghasilkan produk-produk pupuk yang memiliki keunggulan dibanding produk pupuk yang lain.

Dalam merakit pupuk NPK yang berkualitas, maka R&D PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk bersama tim ahli, melakukan telaah, diskusi, riset bahan baku, trial produksi berulang-ulang, serta melakukan rangkaian penelitian seperti uji tanah, percobaan tanaman, baik dalam skala rumah kaca maupun skala luas. Sejak tahun 1999, PT SAM Tbk berkerjasama dengan Pusat Penelitian Perkebunan Gula di Pasuruan, Pusat Penelitian Karet Indonesia di Medan, Pusat Penelitian Kopi & Kakao di Jember, dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit di Medan, karena di lembaga riset tersebutlah tersimpan kekayaan intelektual dan jutaan database sifat-sifat nutrisi tanaman perkebunan, yang bisa dimanfaatkan dalam meramu pupuk NPK berkualitas tinggi.

Pengawalan R&D PT SAM Tbk dilakukan sejak pengambilan contoh tanah, daun dan analisis di lab internal, selanjutnya dilakukan pengumpulan informasi serta diskusi dengan calon konsumen. Dengan demikian akan dapat menenetukan formulasi pupuk yang paling tepat untuk perkebunan milik konsumen.

Proses produksi di PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk dimulai dengan pemilihan bahan baku yang berkualitas, sebagian berasal dari impor. Proses pencampurannya dilakukan secara cermat dan dengan urutan yang benar, menggunakan instrument dengan teknologi terbaru.

PT SAM Tbk menghasilkan beberapa produk komersial pupuk briket NPK, yang telah dibuktikan mampu mendukung produksi tinggi. Produk tersebut memiliki legalitas lengkap: seperti Sertifikat Merk dari Kemenkumham, Ijin Edar dari Kementan, dan SNI dari Kemenperin. Kini Produk tersebut telah beredar di pasar dengan nama dagang HALEI untuk tebu, PUKALET untuk karet, KOKA untuk kopi dan kako, serta PALMO untuk sawit, dan telah pula diaplikasikan besar-besaran di perkebunan sawit.

Seiring perjalanan waktu, pada tahun 2011, PT SAM Tbk, mulai memproduksi varian baru, yaitu pupuk NPK granul, dengan merk dagang PUPINDO, FERTINDO, dan PHONIKA. Produk-produk tersebut juga diproduksi berbasis riset, sehingga menghasilkan produk dengan formula khusus untuk wilayah-wilayah tertentu sesuai dengan sifat tanah, kebutuhan tanaman, rekomendasi para ahli, dan permintaan konsumen. Dengan urutan yang terukur secara baik dan kontrol mutu yang dilakukan labaratorium internal yang terakreditasi maka produk pupuk NPK yang dihasilkan akan dijamin homogen serta sesuai dengan formulasi yang direncanakan.

Kini, PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk melayani lebih dari 500 konsumen baik untuk kebutuhan pupuk NPK Briket maupun NPK Granul. Sebagian besar adalah korporasi perkebunan sawit, dan sebagian kecil saja yang digunakan untuk komoditas non-sawit.

Mempertimbangkan kebutuhan pasar yang semakin besar, serta sebaran wilayah yang semakin luas, maka selain di Jawa Timur, PT SAM Tbk juga meningkatkan kapasitas dan membangun unit produksi baru di sentra perkebunan sawit di luar Jawa, seperti di Sumatra Utara dan Kalimantan Tengah. Saat jalur distribusi diperpendek maka kebutuhan konsumen di wilayah tersebut bisa dilayani lebih cepat, tepat waktu dan baik.

Dengan manajemen yang professional, PT SAM Tbk mampu melayani kebutuhan konsumen yang bervariasi dalam hal mutu, spesifikasi, dan sebaran wilayahnya. Sehingga dari tahun ke tahun PT SAM Tbk mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. Pada saat ini PT SAM Tbk mampu melakukan penjualan sekitar 400.000 ton per tahun. Namun total penjualan tersebut hanya sekitar 5 persen dari total kebutuhan pupuk setara NPK di perkebunan sawit secara nasional.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam bisnis pupuk, PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk terus berusaha meningkatkan kualitas produk serta pelayanannya, agar bisa memberikan yang terbaik dalam pengembangan sektor pertanian di Indonesia.

Head Office

AMG Tower, Lantai 20, Jl. Dukuh Menanggal 1- A, Gayungan, Surabaya 60234. Telp: 031-82516888, Fax: 031-82516555.

Mojokerto I Factory

Jl. Raden Patah, Tunggalpager, Pungging, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia

Mojokerto II Factory

Jl. Raden Patah, Lebaksono, Pungging, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia

Medan I Factory

Jl. Mandara No. 27, Mabar Hilir, Medan

Medan II Factory

Dusun I Desa Dalu Sepuluh A – No 27, Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatra Utara

Palembang Factory

Jl. Raya Tanjung Api-api Km. 52, Parit 2, Desa Sri Tiga, Kec. Muara Telang, Banyuasin, Sumatera Selatan

Sampit Factory

Jl. HM. Arsyad KM 17, Sampit, Kalimantan Tengah.

KANTOR PUSAT:
AMG Tower, Lantai 20, Jl. Dukuh Menanggal 1 – A, Gayungan, Surabaya 60234, Jawa Timur. Telp: 031-82516 888, Fax: 031-82516 555. Website: www.saraswantifertilizer.com. Email: sam@saraswanti.com,

KANTOR CABANG:
Centennial Tower, Lantai 29 G, Jl. Gatot Subroto Kav. 24 – 25, Karet Semanggi, Setiabudi, Jakarta Selatan 12930. Telp: 021-22958 480. Email: sam@saraswanti.com, Website: www.saraswantifertilizer.com

CABANG PEMASARAN:
Jakarta: Jl. Lenteng Agung, Rukan Tanjung Mas Raya, Blok B, No 26, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Telp: 021-78844760. Yogyakarta: Jl. Ringroad Utara No. 17 C, RT 8, RT 13, Karangnongko, Maguwoharjo, Depok-Sleman, Yogyakarta. Telp. 0274-4332692. Medan: Jl Bunga Asoka, Komp. Asoka Raya Residance No. 1, Medan Selayang – Sumatera Utara. Telp: 061 – 8219898. Pekanbaru: Jl. Rambutan V, Blok E, No. 24, Pekanbaru. Telp. 0812 7523 370. Jambi: Komplek Pergudangan Pall 11, Ruko No 14. JL. Lintas Jambi-Palembang KM 11, Pondok Meja, Mestong-Muaro Jambi. telp: 0852 7968 5178. Palembang: Jl Bypass Alang-Alang Lebar, Kompleks Pergudangan Griya Mitra Sukarame Blok AB, No. 13, Palembang. Telp. 0711-5645137. Pontianak: Jl. Purnama, Ruko Purnama Town House No. 1D, Kel. Parit Tokaya, Kec. Pontianak Selatan. Pontianak. Telp: 0561-575003. Banjarbaru: Jl. Tambak Langsat, Nyiur Hijau Resident No D3, Syamsudin Noor, Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Telp. 0821 4162 7006. Sampit: Perum Wengga Jaya Agung Jalur 6, No. 140, Baamang Barat, Sampit, Kalimantan Tengah. Telp. 0822 3476 8888. Balikpapan: Jl. MT Haryono, Perum Wika Cluster Mahogani I, Blok M6, No 14, Gunung Samarinda, Balikpapan Utara, Telp. 0813 5000 2345. Makassar: Citra Daya Permai 2, Jl. Rudal 4, Blok B5, No. 8, Kel. Daya, Kec. Biring-kanaya, Makassar. Telp: 0812 3165 1719.

UNIT PRODUKSI:
Mojokerto I: Kompleks Industri Saraswanti. Jl. Raden Patah, Desa Tunggal Pager, Kec. Pungging, Mojokerto, Jawa Timur. Mojokerto II: Kompleks Industri Saraswanti. Jl. Raden Patah, Desa Lebaksono, Kec. Pungging, Mojokerto, Jawa Timur. Medan I: Jl. Mandara No. 27, Mabar Hilir, Medan, Sumatera Utara. Medan II: Dusun I Desa Dalu Sepuluh A, No 27, Kec. Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara. Palembang: Jl. Raya Tanjung Api-api Km. 52, Parit 2, Desa Sri Tiga, Kec. Muara Telang, Banyuasin, Sumatera Selatan. Sampit: Jl. HM. Arsyad KM 17, Sampit, Kalimantan Tengah.