Indonesia adalah negara agraris yang diperhitungkan secara internasional, khususnya di sektor perkebunan sawit dan hortikultura. Perkembangan bisnis hasil perkebunan di indonesia terus meningkat, sejalan dengan penggunaan teknologi untuk memaksimalkan produktivitas tanaman kelapa sawit. Di antara teknologi yang sudah mulai diterapkan adalah penggunaan agen hayati yang ramah lingkungan untuk mengendalikan hama perkebunan guna meminimalkan penggunaan insektisida. Di perkebunan sawit, PT ASHA mengembangkan teknologi pengen-dalian hama secara biologis dengan menggunakan Feromon. Penggunaan Feromon ini sesuai dengan protokol RSPO yang dapat mengendalikan hama secara efektif tanpa menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.

Melalui kerjasama dengan Lembaga riset terbaik di bidang kelapa sawit, serta didukung dengan fasilitas laboratorium internal, PT ASHA mengembangkan inovasi untuk peningkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit, melalui produk FEROMONAS, ORICMAS, dan KAIROMIX.

FEROMONAS adalah produk PT ASHA yang bertujuan mengendalikan kumbang tanduk Oryctes rhinoceros. Sedangkan untuk produk ORICMAS, bertujuan mengendalikan hama Rhynchophorus spp. dan Rhabdocelus spp. Kumbang tersebut membuat kerusakan tanaman kelapa dan kelapa sawit sehingga waktu panen menjadi lebih lama, produktivitas menurun, dan menyebabkan kematian tanaman. ORICMAS adalah produk yang berspektrum luas, mampu mengendalikan populasi ketiga kumbang tersebut secara bersamaan. Keunggulan FEROMONAS dan ORICMAS adalah, Penggunaannya mudah, Harga kompetitif, Ramah Lingkungan, tidak beracun, Teruji sangat efektif mengatasi hama kumbang.

KAIROMIX adalah produk yang membantu meningkatkan agresivitas dan meratakan populasi kumbang penyerbuk Elaeidobius kamerunicus. Kumbang ini merupakan agen penyerbuk utama di kelapa sawit, sehingga mencegah buah partenokarpi, meningkatkan fruitset, dan pada akhirnya meningkatkan produksi tandan buah segar (TBS). KAIROMIX adalah feromon/atraktan yang dapat meratakan populasi serangga penyerbuk, dan bertahan 1,5-2.0 bulan.

Pemasangan KAIROMIX secara merata dalam blok 2-4 sachet per hektar, mampu meningkatkan nilai fruit set dan rerata berat tandan pada enam bulan setelah aplikasi. KAIROMIX sesuai diaplikasikan pada tanaman muda dengan fruit set rendah khususnya areal tanam luas dan memakai bahan tanaman kelapa sawit berproduktivitas tinggi di awal tanam.

PT ASHA melayani lebih dari ratusan konsumen, yang terdiri atas perusahaan perkebunan sawit yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Produk PT ASHA juga telah digunakan di perkebunan kelapa dan kelapa sawit di luar negeri. Mempertimbangkan potensi dan keunggulan produk berbasis agro-hayati dan agro-chemical, PT ASHA berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan produk baru, tidak hanya untuk komoditas perkebunan sawit, tapi juga untuk hortikultura, dan serangga pengganggu lainnya. Hingga saat ini telah dilakukan pengembangan produk dan uji coba produk atraktan untuk mengendalikan lalat buah, lalat rumah, kutu gudang, ulat api dan hama pengganggu lainnya.

Head Office

AMG Tower, Lantai 20, Jl. Dukuh Menanggal 1- A, Gayungan, Surabaya 60234. Telp: 031-82516888, Fax: 031-82516555.

 

Alamat Kantor:
Kawasan Industri Citeureup, Kampung Nagrog RT03 RW 02, Kel. Sukahati, Kec. Citeureup, Kab. Bogor. Jawa Barat 16810. Telp. 021-87946635. Website: www.saraswanti-ash.com, E-mail: ash@saraswanti.com