PT. Anugerah Sarana Hayati merupakan salah satu perusahaan di bawah Divisi Laboratorium Saraswanti Group yang bergerak dalam bidang usaha agro kimia. Semenjak didirikan di Bogor pada tahun 2013, PT. ASH mengembangkan solusi pengendalian hama secara biologis dengan feromon serangga penyerbuk buah sawit dan aneka pupuk organik khusus untuk kelapa sawit.

Pengembangan usaha ini berdasarkan pertimbangan bahwa serangan hama kumbang di areal perkebunan kelapa sawit semakin meningkat, aktivitas serangga penyerbuk sawit semakin berkurang drastis. Selain itu, timbul keinginan membuat produk pupuk organik yang ramah lingkungan. Setelah melewati hasil test laboratoriĀ­um dan uji lapangan bersama beberapa ahli dari Pusat Penelitian Tanaman, PT. ASH memĀ­produksi beberapa produk yang diantaranya diberi nama dagang/merk Feromonas, Oricmas dan Kairomix.

Feromonas berguna sebagai alat kendali populasi hama dan perangkap massal yang dikhususkan untuk kumbang Oryctes rhinoceros yang terbukti sangat efisien dan efektif digunakan di beberapa perkebunan sawit. Oricmas adalah feromon agregat sintetik berspektrum lebih luas sehingga memiliki keunggulan memerangkap jenis hama kelapa sawit lebih banyak, yaitu kumbang Oryctes rhinoceros, Rhynchophorus spp., dan Rhabdoscelus sp. secara bersamaan. Sedangkan, Kairomix yang berbahan aktif estragole mampu menarik dan meratakan populasi kumbang penyerbuk Elaeidobius kamerunicus. Serta berpotensi digunakan sebagai penghitung populasi Elaeidobius kamerunicus di areal tanam yang luas.

Sesuai dengan konsep RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil), PT. ASH terus mengusahakan solusi yang tepat untuk meminimalkan dampak dari penggunaan insektisida dalam pengendalian hama di perkebunan kelapa sawit Indonesia.

Head Office

AMG Tower, Lantai 20, Jl. Dukuh Menanggal 1- A, Gayungan, Surabaya 60234. Telp: 031-82516888, Fax: 031-82516555.

 

KANTOR PUSAT

Jl. Rasamala No 46, Taman Yasmin, Bogor 16006, Jawa Barat
Telp/Fax: 0251- 7540928, Website: www.ashafertilizer.com
E-mail: info@ashafertilizer.com

CONTACT US

14 + 4 =