Memperluas Usaha Kami

Saraswanti Group atau dikenal sebagai Kelompok Usaha Saraswanti bermula dari industri pupuk yang dirintis di Sidoarjo oleh PT. Saraswanti Anugerah Makmur pada tanggal 18 Junin 1998. Sejalan dengan semakin besarnya usaha di sektor agribisnis ini, pendirian perusahaan pupuk baru, penambahan unit produksi serta perluasan cabang pemasaran, semakin menguatkan PT. Saraswanti Anugerah Makmur. Perusahaan ini ternyata menjadi awal sekaligus core business dari Kelompok Usaha Saraswanti saat ini. Kondisi ini mendorong manajemen tergerak melakukan perluasan usaha di sektor lain. Mulai dari pengembangan bisnis di sektor perkebunan, laboratorium, properti, serta beberapa unit usaha lainnya. Saat ini, Kelompok Usaha Saraswanti telah memiliki 24 anak perusahaan yang terbagi dalam lima divisi usaha.

Divisi Pupuk terdiri atas PT. Saraswanti Anugerah Makmur yang memproduksi pupuk NPK Briket. PT. Dupan Anugerah Lestari, PT. Anugerah Pupuk Makmur dan PT. Anugerah Pupuk Lestari memproduksi pupuk NPK Granul. PT. Anugerah Dolomit Lestari yang memproduksi pupuk Dolomite. Serta PT. Arya Supra Nugraha yang merupakan perusahaan trading membantu pemasaran produk Divisi Pupuk Kelompok Usaha Saraswanti.

Divisi Perkebunan terdiri atas beberapa perkebunan yang mengelola perkebunan Kelapa Sawit beserta pabrik pengolahannya, yaitu PT. Saraswanti Sawit Makmur, PT. Meta Agro Lestari, PT. Keza Lintas Buana, PT. Saraswanti Agro Estate. PT. Sumber Sari Petung yang mengelola aneka perkebunan di Kediri. Selain itu juga ada PT. Anugerah Anggrek Nusantara dan PT. Saraswanti Jaya Prima yang mengelola sebuah wisata agro yang berbasis perkebunan anggrek.

Divisi Laboratorium adalah divisi ketiga yang terdiri atas PT. Saraswanti Indo Genetech, yang bergerak di bidang laboratorium uji keamanan pangan, uji farmasi, suplemen, kosmetik dan obat-obatan serta uji GMO dan deteksi DNA babi dalam rangka mendukung Sertifikasi Halal. PT. Anugrah Analisis Sempurna bergerak di bidang laboratorium uji lingkungan, biomonitoring, higiene industri (IH), keamanan pangan dan farmasi, proses validasi R&D, residu dan formulasi pestisida, minyak pelumas dan BBM, serta laboratorium kalibrasi. PT. Anugerah Global Superintending begerak di bidang inspeksi (ISO 17020), konsultan NFPA dan audit energi (ISO 50001), Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro, ISO 17021) Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen (LSSM, ISO 17021) Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata (LSUP, ISO 17021). PT. Anugerah Sarana Hayati yang bergerak di bidang produksi Feromonas (sintesa feromon agregat sebagai alat kendali populasi dan perangkap massal kumbang tanduk) Oricmas dan Kairomix.

Divisi Properti mulai dirintis di awal 2005, terdiri atas PT. Saraswanti Graha Indah dengan masterpiecenya The Alana Hotel Surabaya. PT. Saraswanti Indoland Development dengan proyek Mataram City dan Graha Indoland. PT. Saraswanti Hasil Makmur yang mengembangkan perumahan Royal Maguwo di Yogyakarta. Serta PT. Anugerah Matahari Gemilang yang mengembangkan proyek gedung perkantoran, AMG Tower Surabaya. Selain itu beberapa perusahaan baru telah dipersiapkan untuk mengembangkan bisnis properti Kelompok Usaha Saraswanti.

Divisi Usaha Lain terdiri atas PT. Saraswanti Anugerah Mentari yang memproduksi Sugar Cane Top, PT. Saraswanti Paper Indah dengan produksi Paper Coating-nya. PT. Nusatrans Anugerah Makmur bergerak di bidang jasa ekspedisi muatan kapal laut. Kelompok Usaha Saraswanti berkomitmen untuk terus memantapkan core businessnya di bidang pupuk, sekaligus terus membuka peluang usaha baru di sektor lainnya.