PT. Dupan Anugerah Lestari memproduksi pupuk, berdasarkan perkembangan terakhir di bidang pupuk dan pemupukan dengan orientasi pada efisiensi dan efektivitas, yaitu PMLT DUPAN. Orientasi pada dua hal tersebut merupakan jawaban dari masalah dalam aplikasi pupuk konvensional yang bersifat cepat tersedia (fast release) dengan kehilangan hara sangat besar. Jenis pupuk yang diproduksi oleh PT. Dupan Anugerah Lestari termasuk golongan Pupuk Majemuk Lepas Terkendali (PMLT), bersifat slow release, dengan ketersediaan hara sampai dengan satu tahun. PMLT DUPAN mengandung enam hara makro, hara mikro lengkap, serta bahan pelepas lambat.

Pengendalian pelepasan unsur hara PMLT DUPAN ke dalam larutan tanah merupakan kunci efisiensi dan efektivitas pupuk ini lebih tinggi daripada pupuk konvensional. Faktor penentunya adalah luas permukaan jenis, tingkat kekerasan, serta jenis dan kadar bahan pelepas lambat (control release agent). Ketiga faktor tersebut di atas mengendalikan pelepasan hara dari PMLT DUPAN ke dalam larutan tanah sesuai kebutuhan tanaman, sehingga (1) pupuk dapat dimanfaatkan oleh tanaman secara optimal; dan (2) kehilangan hara akibat pe- nguapan, erosi, perkolasi maupun terlindi (leaching), bisa ditekan sampai tingkat sangat kecil.

KEUNGGULAN DUPAN
  • Lebih hemat daripada pupuk konvensional (40 – 60 % dari dosis pupuk tunggal campur).
  • Aplikasi 1 tahun sekali (lebih hemat biaya)
  • Kandungan hara lengkap dengan pelepasan hara terkendali, sehingga pemupukan lebih efektif, tanaman lebih subur dan lebih sehat.
  • Efektivitas yang tinggi menekan pencemaran lingkungan.
CARA APLIKASI DUPAN

Pembibitan Tanaman Perkebunan

  • Polybag 3 – 5 kg tanah: dosis 6 butir @ 1 gram, dibenam 3 cm, & diberikan setiap 6 bulan.
  • Polybag 8 – 10 kg tanah: dosis 9 butir @ 1 gram, dibenam 5 cm, & diberikan setiap 6 bulan.

Tanaman Keras/Tahunan

  • PMLT Cap DUPAN diberikan 1 tahun sekali, dibenamkan 10 cm pada jarak ½ panjang tajuk melingkar dari batang, dosis sesuai anjuran atau 40-60 % dosis pupuk tunggal campur.
KOMPOSISI - FORMULASI - DOSIS

PMLT DUPAN adalah pupuk majemuk yang diformulasikan untuk tanaman tahunan; berbentuk briket 1,2  gram dan tablet 10 gram; kandungan hara makro: N, P, K, Ca, Mg, & S; hara mikro: Zn, Cu, Fe, B, & Mn; serta bahan pelepas lambat.

saraswanti-spek-Dupan