PT. Saraswanti Anugerah Makmur  bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) – Jawa Timur memproduksi pupuk khusus untuk jagung berdasarkan perkembangan terakhir di bidang pupuk dan pemupukan dengan orientasi pada efisiensi dan efektivitas: CORNALET. Orientasi pada efisiensi dan efektivitas merupakan jawaban atas masalah pemupukan dengan pupuk tunggal konvensional yang bersifat cepat tersedia (fast release) tetapi kehilangan hara sangat besar. Inovasi BPTP dalam pupuk ini, didukung oleh pengalaman PT. Saraswanti Anugerah Makmur dalam proses produksi, yang ditangani oleh tenaga ahli bidang pupuk dan pemupukan serta engineering. Pemilihan bahan baku dilakukan dengan cermat dan tepat. Jenis dan jumlah bahan pelepas lambat telah melewati penelitian ilmiah. Proses mixing dilakukan dengan mesin dan terukur sehingga menjamin homogenitas. Tingkat kekerasan (compacting degree) tertentu dan keragaman antar briket dalam proses bricketing juga menjadi persyaratan yang mutlak dijaga. Jaminan kualitas dilakukan dengan menjaga proses produksi melalui penggunaan mesin-mesin mixing & bricketing yang selalu dikalibrasi, dan menjaga mutu produk melalui supervisi ketat dari Tim Kendali Mutu. CORNALET termasuk golongan pupuk majemuk lepas terkendali, dengan kategori intermediate release, yaitu ketersedian hara tiga sampai lima bulan. Pengendalian pelepasan unsur hara ke   dalam larutan tanah merupakan  kunci  efisiensi. Efektivitasnya ditentukan oleh formulasi pupuk yang spesifik untuk jagung. Oleh karena itu, efisiensi dan efektivitas CORNALET lebih tinggi daripada pupuk konvensional. Faktor penentu keunggulan CORNALET ditentukan oleh luas permukaan jenis, tingkat kekerasan, serta jenis dan kadar bahan pelepas lambat (control release agent). Faktor-faktor ini menentukan pelepasan hara pupuk sesuai kebutuhan tanaman, sehingga pemanfaatannya oleh tanaman terjadi secara optimal dan kehilangan hara akibat: penguapan, terikut erosi, terikut perkolasi maupun terlindi (leaching), dapat ditekan sampai tingkat sangat kecil.

KEUNGGULAN CORNALET
  • Lebih hemat daripada pupuk konvensional  (40 – 60 % dari dosis pupuk tunggal campur).
  • Formulasi spesifik untuk tanaman jagung sesuai dengan kebutuhan tanaman sehingga  efisien dan efektif.
  • Kandungan hara lengkap (N, P, K, Ca, Mg, S, dan  unsur mikro), sehingga pemupukan lebih efektif, tanaman lebih subur serta lebih sehat.
CARA APLIKASI CORNALET
  • Diberikan bersamaan tanam dan cukup sekali aplikasi selama satu musim tanam.
  • Diberikan dalam lubang tanam kemudian ditutup dengan tanah bersama benih.
KOMPOSISI - FORMULASI - DOSIS

FORMULASI: CORNALET berbentuk briket dengan berat 1,2 – 1,5 g dan mengandung :

  • Unsur Hara Makro : N, P, K, Mg ditambah Ca & S
  • Unsur Hara Mikro (Trace Element) :B, Cu, Zn, Fe, Mn
  • Diperkaya Asam Humat & Fulvat
  • Bahan Pelepas Lambat (slow release agent) dengan kadar cukup untuk intermediate release

DOSIS STANDAR: Dosis anjuran CORNALET disesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah, secara umum dosis yang dianjurkan adalah 4 – 5  briket / tan / musim, ditambahkan 50 kg Urea / ha

saraswanti-spek-Pupindo-Sawit saraswanti-spek-Cornaalet