PT. Saraswanti Anugerah Makmur merupakan produsen pupuk swasta nasional yang sudah berkecimpung lebih dari 18 tahun di dunia pupuk Indonesia. Bekerjasama dengan beberapa Pusat Penelitian Perkebunan, PT. SAM mengembangkan pupuk-pupuk unggulan melalui teknologi formulasi pupuk anorganik, yang bisa memingkatkan efisiensi produksi mencapai 5-30% dibanding cara konvensional . Saat ini, PT SAM mampu memenuhi permintaan pupuk Granul dan Briket dengan kapasitas produksi 650.000 ton/tahun.

 

Pupuk NPK PALMO

PALMO adalah pupuk lengkap dengan kandungan unsur hara makro dan unsur hara mikro serta diperkaya asam humat dan fulvat, diformulasikan khusus untuk kelapa sawit. Pupuk ini merupakan produk teknologi pemupukan melalui sintesis hasil- hasil penelitian dan uji lapangan PT. Saraswanti Anugerah Makmur. Inovasi PALMO mengatasi sifat-sifat unsur N yang sangat mudah hilang karena menguap sebagai ammonia (volatilisasi), tercuci sebagai nitrat (leaching), dan hilang sebagai gas nitrogen dioksida (denitrifikasi). Rekayasa khusus yang dilakukan, agar laju kehilangan N dapat dihambat, serta laju kelarutan N seimbang terhadap kelarutan unsur pupuk yang lain (P dan K). Komposisi dan formulasi PALMO disusun berdasarkan hasil analisis tanah dan daun yang disesuaikan dengan kebutuhan kelapa sawit. PALMO diperkaya dengan asam humat & fulvat yang dapat memperbaiki struktur tanah, mengaktifkan mikroorganisme (mikroflora & mikrofauna), sehingga rizosfer menjadi sehat dan meningkatkan kapasitas akar menyerap hara.

 

Pupuk NPK PUKALET

PUKALET diformulasikan melalui pengkajian hasil – hasil penelitian, uji lapang dan pengalaman para ahli tanah yang bertahun-tahun bekerja di bidang nutrisi tanaman karet. PUKALET adalah pupuk lengkap dengan kandungan unsur hara makro dan unsur hara mikro serta diperkaya asam humat & fulvat, diformulasi khusus untuk karet. Pupuk ini merupakan produk teknologi pemupukan hasil kerjasama PT. Saraswanti Anugerah Makmur dengan Pusat Penelitian Karet. PUKALET adalah pupuk majemuk khusus untuk tanaman karet, mengandung unsur hara makro utama Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Sulfur (S) dan beberapa unsur hara mikro serta diperkaya asam humat & fulvat dengan komposisi seimbang sesuai kebutuhan bagi pertumbuhan tanaman karet. PUKALET mengandung bahan khusus yang mengatur pelepasan unsur hara secara perlahan – lahan dan terkendali sesuai kebutuhan tanaman untuk periode tertentu, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pemberiannya.

 

Pupuk NPK KOKA

Dalam upaya mengantisipasi perkembangan teknologi pemupukan yang menuju pada prinsip- prinsip efisien dan efektif, maka PT. Saraswanti Anugerah Makmur telah mengembangkan pupuk yang diformulasi khusus untuk tanaman kopi dan kakao, melalui sintesis hasil- hasil penelitian dan uji lapangan, yang kemudian dikomersialkan dengan nama KOKA setelah melalui percobaan-percobaan yang berlangsung lama.KOKA adalah pupuk majemuk lepas terkendali, dengan kategori intermediate release, yakni mampu menyediakan hara selama 5-6 bulan. KOKA mengandung hara lengkap (baik hara makro maupun hara mikro), slow release agent, dan diperkaya dengan senyawa humik. KOKA memiliki efisiensi lebih tinggi, sehingga dosis yang diaplikasikan lebih rendah apabila dibandingkan dengan pupuk tunggal campur.KOKA berbentuk padatan briket, dengan berat ± 1,2 gram/cm3 sehingga memiliki nilai nisbah luas permukaan terhadap bobot yang rendah. Nilai nisbah yang rendah tersebut, bersama dengan slow release agent yang dikandungnya memberikan efek pelepasan hara secara terkendali, sehingga KOKA mampu menyediakan unsur hara sampai 5-6 bulan.Dengan demikian KOKA secara teknis lebih efektif dalam suplai hara (sesuai kebutuhan tanaman), dan sangat efisien karena mencegah kehilangan hara karena pelindian (leaching) dan penguapan (volatilisasi). Senyawa humik dalam KOKA berperan dalam perbaikan struktur tanah dan aktifitas mikroflora perakaran, sehingga rizosfer menjadi sehat dan memperbesar kapasitas akar menyerap hara.

 

Pupuk NPK HALEI

HALEI lahir melalui sintesis hasil-hasil penelitian, percobaan, dan pengalaman para ahli ilmu tanah yang berpuluh tahun bekerja di bidang nutrisi tanaman tebu. HALEI merupakan pupuk lengkap khusus untuk tanaman tebu, yang mengandung unsur hara makro, hara mikro dan bahan pelepas lambat (slow release agent). Pupuk ini memiliki pelepasan hara sesuai dengan fase pertumbuhan tebu 6 – 9 bulan. Berbekal pengalaman PT. Saraswanti Anugerah Makmur dalam proses produksi. Pupuk HALEI didesain mendorong peningkatan kadar gula dan produksi kristal, telah teruji di hampir seluruh pabrik gula di Indonesia. Pemilihan bahan baku dilakukan dengan cermat dan tepat. Jenis dan jumlah bahan pelepas lambat telah melewati penelitian ilmiah. Proses mixing dilakukan dengan mesin dan terukur sehingga menjamin homogenitas. Tingkat kekerasan tertentu dan keragaman antar briket dalam proses bricketing juga menjadi persyaratan yang mutlak. Jaminan kualitas dilakukan dengan menjaga proses produksi melalui penggunaan mesin mixing & bricketing yang selalu dikalibrasi.

 

Pupuk NPK CORNALET

PT. Saraswanti Anugerah Makmur memproduksi pupuk khusus untuk jagung berdasarkan perkembangan terakhir di bidang pupuk dan pemupukan dengan orientasi pada efisiensi dan efektivitas. CORNALET yang berorientasi pada efisiensi dan efektivitas merupakan jawaban atas masalah pemupukan dengan pupuk tunggal konvensional yang bersifat cepat tersedia (fast release) tetapi kehilangan hara sangat besar. CORNALET merupakan pupuk lengkap khusus untuk tanaman tebu, yang mengandung unsur hara makro, hara mikro dan bahan pelepas lambat (slow release agent). Didukung oleh pengalaman PT. Saraswanti Anugerah Makmur dalam proses produksi, yang didampingi oleh tenaga ahli bidang pupuk dan pemupukan, berusaha menghasilkan pupuk unggulan. Mulai proses pemilihan bahan baku dilakukan dengan cermat dan tepat. Jenis dan jumlah bahan pelepas lambat telah melewati penelitian ilmiah. Proses mixing dilakukan dengan mesin dan terukur sehingga menjamin homogenitas. Tingkat kekerasan (compacting degree) tertentu dan keragaman antar briket dalam proses bricketing juga menjadi persyaratan yang mutlak untuk dijaga. Jaminan kualitas dilakukan dengan menjaga proses produksi melalui penggunaan mesin-mesin mixing & bricketing yang selalu dikalibrasi, dan menjaga mutu produk melalui supervisi ketat dari Tim Kendali Mutu. CORNALET termasuk golongan pupuk majemuk lepas terkendali, dengan kategori intermediate release, yaitu ketersedian hara tiga sampai lima bulan. Pengendalian pelepasan unsur hara ke dalam larutan tanah merupakan kunci efisiensi. Efektivitasnya ditentukan oleh formulasi pupuk yang spesifik untuk jagung. Oleh karena itu, efisiensi dan efektivitas CORNALET lebih tinggi daripada pupuk konvensional. Faktor penentu keunggulan CORNALET ditentukan oleh luas permukaan jenis, tingkat kekerasan, serta jenis dan kadar bahan pelepas lambat (control release agent). Faktor-faktor ini menentukan pelepasan hara pupuk sesuai kebutuhan tanaman, sehingga pemanfaatannya oleh tanaman terjadi secara optimal dan kehilangan hara akibat: penguapan, terikut erosi, terikut perkolasi maupun terlindi (leaching), dapat ditekan sampai tingkat sangat kecil.

 

 

 

 

%d bloggers like this: